Selang Hidrolik Rusak? Cek 5 Penyebab & Solusinya Lengkap

Selang hidrolik rusak tentunya dapat menyebabkan beberapa komponen mesin mengalami gangguan sehingga mesin mati mendadak. Biasanya selang hydraulic yang rusak menunjukkan indikasi  getas hingga bocor. Tidak heran jika fluida atau oli mengalami rembesan disekitar mesin.

Kondisi ini sudah pasti membuat panik bagi penggunanya khususnya kalangan awam. Meskipun mesin masih dapat dioperasikan seperti sedia kala namun pengguna cerdas sudah seharusnya dapat mencari penyebab hose hydraulic yang rusak agar mendapatkan solusi yang tepat.

5 Penyebab Selang Hidrolik Rusak

Sebelum anda memanggil jasa servis mesin hidrolik terdekat, sebaiknya anda mengetahui beberapa penyebab yang biasanya terjadi dibawah ini;

1. Terik Matahari

Apakah mesin anda bekerja pada di outdoor seperti pertambangan maupun konstruksi?

Nah, tidak heran jika hose cepat rusak. Alasannya, hose menggunakan material berbahan dasar karet dengan campuran beberapa logam lainnya. Namun tetap saja karet tidak dapat bertahan lama layaknya besi maupun nikel. Oleh sebab itu tidak heran jika lama kelamaan hose mangalami getas hingga bocor hanya karena paparan terik matahari secara terus-menerus.

2. Udara Kering

Siapa sangka ternyata udara yang kering dapat menjadi pemicu hose anda cepat bocor. Pendeteksiannya pun terbilang cukup sulit karena tidak bisa dilihat secara kasat mata. Umumnya, kerusakan jenis ini dapat ditandai adanya kebocoran eksternal.

3. Akibat Gesekan Mesin

Hati-hati jika memasang atau instalasi selang hidrolik tidak sesuai dengan prosedur yang berlaku. Pasalnya dapat menimbulkan kerusakan terkikis pada bagian cover hose. Imbasnya hose mengalami gesekan antar sesama hose atau permukaan mesin lainnya.

Jika cover hose terkikis secara terus-menerus, maka lapisan steel wire menjadi terbuka dan timbul korosi akibat kontak langsung dengan udara luar. Pressure kerja menurun, timbul kebocoran kemudian.

4. Jenis Fluida Tidak Sesuai

Cobalah untuk mengecek jenis fluida yang anda gunakan, apakah memang sudah sesuai dengan spesifikasi mesin?

Cairan yang tidak sesuai dapat menyebabkan tabung bagian dalam mengalami kerusakan lebih cepat hingga mengelupas. Jika sudah terjadi demikian, maka tidak jarang komponen kerusakan menjadi merembet ke lainnya.

5. Hose Sudah Waktunya Diganti

Kapan terakhir anda mengganti selang hydraulic?

Perlu diketahui, selang hidrolik memiliki lifetime yang pendek jika dibandingkan dengan pompa hidrolik dengan pergantian sepuluh tahun sekali.

Sebaiknya dianjurkan untuk mengganti selang hidrolik minimal 3 – 6 bulan sekali. Waktu tersebut tergantung pada intensitas pemakaian. Jika mesin semakin sering digunakan, maka sebaiknya dilakukan pergantian tiap mencapai 3 bulan sekali.

Hose hydraulic yang jarang dilakukan pergantian sudah pasti mengalami getas hingga bocor.

Solusi Cegah Selang Hidrolik Rusak

Berikut beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mencegah selang hidrolik yang rusak;

1. Ganti Selang Hidrolik

Ketika selang hydraulic sudah mengalami kebocoran, sangat diwajibkan untuk mengganti hose dengan yang baru. Sebab kulit hose tidak bisa diperbaiki dengan cara apapun. Dengan mengganti hose yang lebih berkualitas, indikasi getas dapat diminimalisir meskipun tidak mencapai 50%.

Untuk mendapatkan kualitas hose terbaik, anda dapat menghubungi layanan distributor resmi selang hidrolik Cipta Hydropower Abadi. Tersedia hose untuk kebutuhan industri, manufaktur, konstruksi, hingga pertambangan.

2. Menggunakan Spiral Hidrolik

Nyatanya, kegunaan dari asesories spiral hidrolik terbukti lebih ampuh untuk mencegah selang hidrolik rusak. Spiral hidrolik merupakan salah satu item asesories hose berbentuk spiral yang dililitkan pada hose.

Penggunaan spiral hidrolik sangat dianjurkan untuk area mesin outdoor seperti pertambangan dan konstruksi. Dengan demikian, panas terik matahari dapat ditangkal secara langsung sehingga proses getas dapat berjalan lebih lambat.

3. Instalasi Hose Oleh Ahlinya

Seberapa sering anda melakukan instalasi selang hidrolik secara individu atau bukan pada ahlinya?

Meskipun anda sudah yakin secara 100% bahwa proses pemasangan berjalan lancar tanpa hambatan, namun siapa sangka hal tersebut menjadi pemicu beberapa komponen mengalami malfungsi akibat kesalahan instalasi. Ujung-ujungnya, mesin menjadi mati sehingga anda membutuhkan jasa servis mesin hidrolik terdekat.

Mungkin anda dapat menggunakan layanan jasa instalasi hose Cipta Hydropower Abadi. Sudah berpengalaman lebih dari 38 tahun sehingga tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Nah selesai sudah ulasan lengkap seputar 5 penyebab selang hidrolik rusak beserta solusinya. Yuk lebih bijak lagi dalam menggunakan mesin anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *