Quick Coupler Adalah : Fungsi & Panduan Memasang

Apa itu quick coupler? Secara singkat, quick coupler adalah salah satu accesories hidrolik yang memiliki peranan sebagai sambungan pada mesin hidrolik bertenaga diesel maupun pneumatic yang yang memerlukan ketelitian aliran udara bertekanan tinggi. Kehadiran asesories ini juga memiliki peranan penting bagi kelangsungan kinerja mesin menjadi lebih optimal.

Pengertian Quick Coupler Adalah

Seperti yang telah diulas diulas diatas bahwa quick coupler adalah sebuah perangkat sambungan pada mesin hidrolik. Quick coupler terdiri dari peramgkat male dan female.

Baca juga: Pengertian Hidrolik Sistem, Jenis, & Fungsinya Lengkap

Dalam alat berat, quick coupler dapat dijumpai dengan mudah pada sambungan boom. Sementara pada meisn produksi dapat dijumpai pada mesin kompressor. Peranannya dianggap penting untuk menjaga ketahanan udara yang berpindah dari satu bagian ke bagian yang lainnya. Pasalnya, hasil dari kekuatan tekanan udara yang dimampatkan ini akan menghasilkan energi tinggi untuk mempermudah kegiatan.

Fungsi Dari Quick Coupler

Quick Coupler berfungsi untuk menghubungkan peralatan berupa konektor pneumatic dan lainnya yang membutuhkan supply udara. Umumnya, supply udara bersumber dari kompresor yang sengaja dipasang langsung pada drat kompresor dengan ukuran 1/4 inchi.

Oleh sebab itu, pastikan anda memasang konektor atau penghubungan dengan baik dan tepat agar udara dapat tersalurkan dengan aman sesuai kinerjanya. Sebaliknya, jika konektor tidak terpasang dengan benar maka sangat berpeluang terjadinya kebocoran yang tentunya dapat membahayakan keselamatan pengguna.

Untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja yang disebabkan oleh mesin, saat ini beberapa produsen telah menciptakan beberapa komponen ini telah dilengkapi dengan kopling otomatis.

Dengan demikian diharapkan ketika terjadi kebocoran maka arus angin akan terhenti dan secara otomatis dan terhindar dari kecelakaan area kerja.

Jenis Jenis Quick Coupler

Nah setelah mengetahui ulasan fungsi diatas, sekarang anda juga perlu menilik beberapa jenis tipe quick coupler yang sering digunakan.

jenis jenis quick coupler

Panduan Cara Memasang Quick Coupler

Untuk memasang quick coupler, pastikan anda memiliki satu set pasangan yang terdiri dari jenis male dan female.  Berikut panduan cara memasang quick coupler yang dapat anda lakukan;

1. Pegang dengan tangan lalu dorong lurus ke arah adapter hingga berbunyi klik

2. Pastikan komponen telah terpasang dengan benar dan kencang

3. Catatan. Jika penyambungan sulit dilakukan, anda dapat menggerakkan bagian projection part-nya dan lakukan penyambungan kembali hingag muncul bunyi klik

4. Ketika hendak melepas, cukup dorong body ke arah adapter dan tekan bagian yang menonjol dengan ibu jari dan putar pojection part ke arah kanan

5. Perhatikan. Sebaiknya hindari pemasangan dengan memegang bagian lever atau hosenya.

6. Untuk meminimalisir kecelakaan kerja, sangat dianjurkan untuk menggunakan quick coupler yang telah memiliki fitur kopling otomatis. Fungsinya sangat berguna ketika pemasangan konektor kendor atau tidak tepat maka coupler akan menghentikan arus angin secara otomatis

7. Berhati-hati dan teliti dalam memasang quick coupler

Selesai sudah ulasan berbagi tentang pengertian quick coupler beserta fungsi, jenis, dan panduan cara memasang dengan tepat. Semoga bermanfaat dalam menambah wawasan kita bersama.

Untuk melihat berbagai produk quick coupler yang anda butuhkan, silahkan cek pada website ciptahydropower.com . Distributor resmi hidrolik menjual berbagai keperluan quick coupler lengkap dengan keunggulan dan sepsifikasi yang dapat kamu baca dengan klik link aktif diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *