3 Cara Perawatan Selang Hidrolik Ampuh Cegah Bocor

Untuk mencegah getas dan bocor, maka tentu dibutuhkan berbagai perawatan selang hidrolik agar tetap terjaga dengan baik. Sangat mudah jika anda membaca ulasan berikut ini sampai habis.

Kapan terkahir kali anda mengganti selang hydraulic? Cobalah untuk mengecek sekarang juga, bisa saja hose sudah dalam kondisi getas atau parahnya bocor. Ketika hose bocor, umumnya muncuk rembesan oli di area hose. Jika sudah terjadi, jangan berpikir dua kali untuk segera mengganti hose mesin anda, yaa.

Oiya, jangan lupa pastikan juga untuk mengganti selang hidrolik dengan kualitas terjamin resmi demi terciptanya pengoperasian yang lebih nyaman.

Perawatan Selang Hidrolik

Rasanya merawat hose hydraulic seakan sudah menjadi kewajiban bagi penggunanya agar hose lebih tahan lama dan tidak mudah cepat rusak. Tapi, nyatanya masih banyak pengguna yang bersikap apatis terhadap kesehatan mesin. Pengguna yang cuek tanpa memperdulikan kondisi mesin sudah pasti akan menuai kerusakan mesin secara cepat atau lembat.

Jangan sampai mesin anda rusak hanya karena kondisi hose yang bocor.

Berikut beberapa cara perawatan selang hidrolik yang dianjurkan oleh teknisi profesional, diantaranta sebagai berikut;

1. Menggunakan spiral guard

Spiral hidrolik adalah salah satu asesories yang berfungsi sebagai pelindung hose dan pneumatic untuk mencegah gesekan, abrasi, shock  dan suhu terik matahari secara langsung yang berakibatkan getas lebih cepat. Material utamanya menggunakan bahan Polypropylene.

Hadirnya spiral guard disebut sebut sebagai penunjang perawatan mesin untuk mendukung lifetime yang berkelanjutan.

Baca juga : Spiral Hidrolik Proteksi Maksimal Untuk Hose Hydraulic

Penggunaan spiral hidrolik sangat penting khususnya bagi mesin alat berat yang bekerja di area terbuka. Paparan langsung terik matahari dan hujan sangat menyebabkan peluang material hose menjadi lebih rapuh dalam waktu singkat.

2. Instalasi Hose oleh Ahlinya

Faktanya, masih banyak pengguna hidrolik yang melakukan instalasi hose tanpa memperhatikan standarisasi keamanan mesin. Siapa sangka berawal dari sini timbulah kerusakan hose seperti hose bocor melalui fittings. Tidak hanya orang awam, bahkan pengguna yang sudah memiliki wawasan cukup pun terkadang terkecoh dengan prosedur tersebut.

Seberapa bahayanya instalasi hose tanpa ahlinya?

  • Timbul bocor dari fittings
  • Memakan waktu karena mesin rusak
  • Produktivitas terhambat
  • Biaya operasional makin membengkak

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk menggunakan layanan pemasangan atau instalasi selang hidrolik oleh ahlinya. Hingga kini, sudah ratusan perusahaan telah menggunakan jasa pemasangan selang hidrolik terpercaya Cipta Hydropower Abadi.

Tersedia juga spiral guard untuk kebutuhan industri maupun pertambangan. Hubungi sekarang melalui  whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

3. Pastikan Hose Bersih Total

Ketika anda membeli selang hydraulic, sudah yakin akan kebersihan hose khususnya bagian dalam?

Pastikan bagian dalam hose tidak terdapat benda asing yang menghalangi jalur fluida ketika mesin akan beroperasi nantinya. Selain itu, selang hidrolik juga harus ditangani dengan hati-hati. Tidak boleh ditekuk, diratakan, dan diletakkan pada permukaan yang tajam & kasar.

Nah, rasanya mudah bukan? Yuk mulai sekarang rajinlah untuk melakukan perawatan selang hidrolik agar terhindar dari kerusakan mesin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *