perawatan pompa industri
perawatan pompa industri

Biar Makin Awet, Simak 5 Tips Perawatan Pompa Industri Ini

Bagaimana cara melakukan perawatan pompa industri dengan benar? Agar tidak salah, simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Berbicara tentang perawatan sparepart hidrolik memang tidak ada habisnya sebab cakupannya yang luas. Perawatan merupakan salah satu cara yang harus dilakukan guna memperpanjang umur pemakaian mesin. Dengan demikian peluang kerusakan dan gangguan mesin lainnya dapat diminimalisir.

Apa itu Pompa Sentrifugal?

Pompa Sentrifugal adalah jenis pompa tekan dinamis yang mengubah energi mekanik kedalam energi hidrolik melalui aktivitas sentrifugal. Fungsinya sebagai pengubah energi mekanik motor menjadi energi aliran fuida. Energi inilah yang mengakibatkan pertambahan head kecepatan, head tekanan, dan head potensial secara kontinyu.

Jadi tidak jarang klasifikasi pompa ini banyak dimanfaatkan bagi pengguna industri berbasis mesin sistem hidrolik.

5 Perawatan Pompa Industri

Nah pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang perawatan pompa industri berjenis Sentrifugal. Untuk mencegah pompa hidrolik rusak, simak lima tips mudah selengkapnya yang dapat anda ikuti dibawah ini;

1. Lihat Buku Petunjuk Manual

Setiap pembelian pompa industri sudah psti terdapat buku manual. Tidak ada salahnya untuk membuka kembali dan membaca dengan teliti terkait arahan petunjuk yang direkomendasikan dengan mencari spesfikasi komponen sebelum memului melakukan perawatan.

Dengan mengikuti petunjuk selain akan lebih aman maka komponen juga akan lebih awet.

2. Lakukan Pemanasan Mesin Secukupnya

Baik mesin hidrolik atau kendaraan pribadi, semuanya tentu membutuhkan kondisi suhu mesin yang stabil guna terhindar dari kegagalan mesin ketika beroperasi. Hal ini guna menjaga panas sesuai batas yang direkomendasikan maka komponen pompa akan terhindar dari kerusakan.

Manfaatnya, teknisi atau operator yang berjaga dapat terhindar dari resiko kecelakaan kerja akibat mesin. Oleh sebab itu sangat penting untuk melakukan pemanasan dengan waktu ideal yang disarankan.

Namun jika terjadi pemanasan berlebih maka segera matikan pompa dan lakukan proses pendinginan. Pastikan lepaskan dengan hati-hati sumbat saluran pompa sentrifugal. Pastikan pompa sentrifugal tidak terlalu panas saat melepas sumbatan tersebut, demikian pula saat pasang konektor port, atau isi tutup port.

3. Melakukan Pemeriksaan Komponen Rutin

Sangat wajib untuk melakukan pemeriksaan komponen secara rutin guna mencegah kerusakan yang menjalar pada mesin. Hal ini guna mengetahui jika terdapat komponen yang sudah usang atau rusak bisa segera dilakukan pergantian.

Contohnya yakni saat bearing usang maka bantalan pompa akan bergetar lebih keras, suara lebih berisik dan mudah sekali utk overhead. Kalau tidak segera diantisipasi maka pompa sentrifugal dapat mengalami kerusakan yang serius.

Cek beberapa item berikut ini;

  • Komponen saluran hisap dan busi pipa
  • Deteksi kebocoran udara melalui saluran hisap
  • Bersihkan permukaan segel sehingga terbebas dari kotoran mengganggu

4. Mulai Uji Tes Shut Off

Meskipun hanya sekedar tes namun hal ini sangat berguna untuk melakukan pemeriksaan komponen dan mengukur keausan internal pompa sentrifugal. Caranya dengan mulai pompa dan biarkan untuk mencapai aliran penuh.

Setelahnya, secara perlahan-lahan tutup katup pembuangan dan segera catat debit dan pembacaan pengukur hisap. Dalam keadaan normal, pembacaan harus sama dengan tekanan maksimum kinerja pompa yang dicatat pada aliran nol.

5. Gunakan Pompa dengan Baik

Baik pompa hidrolik maupun komponen lainnya, masing-masing memiliki aturan dan tata cara penggunaan agar komponen bekerja dengan optimal. Termasuk pompa sentrifugal sebaiknya jangan digunakan untuk memompa cairan yang tidak dirancang untuk dipompa, misalnya tidak memompa cairan yang mudah terbakar atau korosif seperti bensin atau asam dengan pompa yang dirancang untuk memompa air.

Selain itu hindari juga untuk mengoperasikan komponen mesin atau pompa pada area lingkungan yang mudah terbakar atau mudah meledak, kecuali pompa dirancang untuk layanan tersebut.

Demikian tips perawatan pompa industri diatas dan semoga bermanfaat..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *