7 Perawatan Mesin Press Hidrolik Lengkap Biar Makin Awet

Agar mesin dapat lebih awet serta tahan lama, setidaknya terdapat beberapa tips perawatan mesin press hidrolik yang harus anda lakukan. Selengkapnya disini.

Tidak jarang pengguna yang ikut mengeluhkan perawatan mesin press hidrolik menghabiskan biaya yang cukup besar, terlebih jika sudah mengalami kerusakan yang cukup fatal. Namun kondisi ini tidak berlaku bagi pengguna yang melakukan perawatan mesin secara berkala melalui tenaga ahlinya.

Mesin press hidrolik merupakan mesin dengan tekanan yang bekerja berdasarkan teori hukum pascal yakni memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan untuk menekan atau membentuk. Dalam hal ini mesin ini digunakan untuk melakukan pengepresan biji.

Perawatan Mesin Hidrolik

Bagi pengguna awam, melakukan perawatan mesin jenis ini banyak yang beranggapan cukup sulit serta memakan biaya yang mahal. Sehingga ujung-unjungnya akan berimbas muncul gejala kerusakan secara perlahan. Nah, jangan sampai ini terjadi pada Anda.

Sebelum memutuskan untuk memanggil jasa servis perawatan mesin press, berikut Mekanik Hydro akan berikan 7 tips perawatan mesin hydraulic yang dapat anda lakukan biar makin awet serta murah. Selengkapnya berikut ini;

1. Mendeteksi kebocoran minyak

Sangat bahaya jika mesin terdapat rembesan oli bahkan dari bagian terkecil sekalipun. Hal yang dapat anda lakukan yakni dengan melakukan pemeriksaan secara berkala bagian terkecil dari mesin termasuk memeriksa kemungkinan jika terjadi fitting yang longgar. Jika terdapat fitting yang longgar segera kencangkan dan pastikan bebas dari oli.

2. Memastikan level minyak tercukupi

Selanjutnya, jangan lupa untuk mengecek level minyak pada tangki mesin press. Seiring dengan penggunaan, biasanya lama kelamaan minyak akan habis. Jika sudah benar-benar habis, dampaknya snagat fatal bagi mesin ketika dipaksa beroperasi. Nah oleh sebab itu, biasakan untuk mengecek keadaan minyak secara berkala yaa.

3. Mengencangkan sekrup yang longgar 

Akibat dari kondisi sekrup yang longgar yakni akan berimbas pada kebocoran oli atau minyak. Sekrup yang longgar merupakan hal yang umum terjadi, bisa jadi karena teknisi yang lalai hingga mesin beroperasi bergetar kencang. Jadi, solusinya cukup pengecekan mesin secara menyeluruh termasuk memeriksa setiap sekrup yang ada pada bidang tooling.

4.Guided plantens

Biasanya bushing fitting yang dilakukan pada mesin diharuskan untuk memiliki film yang tipis pada rod. Pemberian pelumas yang berlebihan dapat menyebabkan penumpukan kotoran dan juga terjadinya aus secara dini pada bearing. Namun ada juga bushing yang harus mempunyai fitting katup yang mengintegrasi frafit menjadi perunggu.

Untuk bushing jenis ini Anda harus perhatikan perawatan yang dilakukan pada bearing yang harus dilakukan sesedikit mungkin.

5. Mengecek suhu minyak

Biasakan untuk selalu memperiksa temperatur minyak setelah mesin mengalami pemanasan hingga suhu ideal untuk melakukan operasi. Umumnya, suhu ideal minyak adalah sekitar 48 derajat celcius.

6.Light curtains

Membiarkan sinar masuk mengenai upstroke merupakan langkah perawatan yang bagus untuk membuat mesin press berhenti. Biasanya ketika ram mesin press bergerak turun, maka mesin akan berhenti dengan segera.

7. Menjaga kebersihan mesin press

Salah satu sebab mesin mengalami penurunan performa atau tenaga yakni karena disebabkan oleh partikel kotoran. Tidak hanya pada mesin, namun sekitar bidang kerja mesin juga harus dijaga. Hal ini dalam rangka menjaga keamanan selama bekerja menggunakan mesin press hidrolik. Jadi, rajinlah untuk membersihkan mesin dan menjaga lingkungan area kerja mesin.

Nah itulah ulasan bermanfaat seputar tips perawatan mesin press hidrolik dengan mudah khususnya bagi pemula. Mau coba layanan mesin press gratis? Klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *