perawatan mesin industri
perawatan mesin industri

4 Tips Perawatan Mesin Industri Makin Awet & Tahan Lama

Agar mesin tidak mudah mengalami kerusakan gangguan teknis, sebaiknya lakukan beberapa tips perawatan mesin industri dengan mudah berikut ini.

Baik mesin industri maupun alat berat, keduanya memang sama-sama membutuhkan perawatan secara berkala guna mencegah kerusakan teknis serta hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya mesin mengalami gangguan overheat.

Cara perawatan mesin industri memang harus diperhatikan dengan benar serta penuh ketelitian untuk menjaga keamanan dan juga efektivitas produksi, sebab kualitas produk sangat dipengaruhi dengan kinerja mesin. Pasalnya, mesin industri mencakup spare parts komponen yang cukup kompleks sehingga perawatannya pun harus dilakukan secara menyeluruh tanpa tanggung-tanggung.

4 Tips Perawatan Mesin Industri

Sudah seharusnya perawatan mesin pabrik harus dilakukan dengan jadwal rutin atau ketika kerusakan menimpa mesin. Nah berikut ini Mekanik Hydro hadirkan beberapa tips yang dapat dilakukan ketika melakukan perawatan mesin indusstri, selengkapnya berikut ini;

1. Membuat berita acara kerusakan

Ketika anda mendapati mesin yang bermasalah meskipun ringan, tidak ada salahnya untuk mencatat setiap kerusakan yang terjadi  dalam sebuah berita acara yang melalui dokumentasi secara jelas. Hal ini berguna untuk dijadikan sebagai pedoman dalam perawatan mesin yang mengalami gangguan sehingga dapat diperoleh solusi yang tepat untuk jangka waktu panjang.

2. Distribusi perawatan

Umumnya, prosedur cara perawatan mesin industri pada pabrik terbagi menjadi dua hal yaitu perawatan mekanik dan perawatan utilitas.

Perawatan mekanik maksudnya adalah bagian yang melakukan perawatan pada mesin dan hal-hal yang bersifat teknis, seperti menyortir kelengkapan spare parts mesin, mengidentifikasi mesin yang sudah tidak layak pakai, mengganti onderdil mesin, dan lainnya.

Sedangkan perawatan utilitas adalah perawatan yang dilakukan pada sumber tenaga mesin yaitu kelistrikannya. Ruang lingkup perawatan utilitas termasuk distribusi pendingin udara dan air pendingin, pelumas, sumber listrik mesin industri, dan lain sebagainya.

3. Pelumasan mesin

Baik mesin pabrik maupun alat berat, keduanya sama-sama memiliki kerja poros yang saling bergesekan terus-menerus dengan kecepatan tinggi sehingga imbasnya menjadi korosi karena mengalami peningkatan suhu dan panas.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengganti oli agar pelumasan dapat bekerja lebih optimal tanpa khawatir mesin menjadi panas. Dengan mengganti oli yang tepat dan berkualitas dapat mencegah mesin tidak cepat aus dan tidak mudah panas karena gaya gesek yang dilakukan oleh mesin.

Namun perlu diingat, pergantian oli secara berkala tergantung dari intensitas penggunaan mesin dan juga ukurannya. Cara perawatan mesin industri dalam hal pelumasan adalah memilih produk oli yang berkualitas baik agar bisa memberikan perlindungan mesin yang maksimal.

4. Sarana penunjang penyimpanan peralatan

Jangan lupa juga untuk memperhatikan sarana tempat penyimpanan peralatan yang baik sesuai tempatnya. Selain menjaga keselamatan area kerja, penunjang penyimpanan peralatan juga memudahkan pengguna dalam menggunakan tools sesuai tempatnya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti;

Menjaga tempat penyimpanan bahan dan alat perawatan

Menjaga tempat penyimpanan bagian atau onderdil mesin yang sudah tidak dipakai

Memastikan perlindungan standar keamanan untuk prosedur kebakaran sudah aktif

Menggunakan peredam suara dan polusi agar tidak mengganggu lingkungan sekitar saat kegiatan produksi maupun perawatan

Selesai sudah tips tentang 4 perawatan mesin industri dengan mudah yang dapat anda lakukan. Namun jika anda membutuhkan jasa maintenance mesin industri, pastikan pilih yang ahlinya. Semoga bermanfaat untuk kita semua..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *