perawatan mesin excavator
perawatan mesin excavator

Biar Awet, Ini Tips Perawatan Mesin Excavator yang Benar

Bagaimana cara melakukan perawatan mesin excavator yang baik dan benar? Agar tidak salah langkah, simal tips dan caranya berikut ini.

Ketika memutuskan untuk memiliki alat berat excavator maka sudah sepatutnya pemilik atau pengguna harus memperhatikan perawatan mesin secara berkala. Hal ini sangat penting agar kondisi mesin excavator selalu dalam performa baik , mengingat penggunaannya sering dilakukan pada kondisi outdoor dengan terik matahari dan hujan silih berganti.

Sayangnya, masih banyak pengguna yang masih cuek dalam perawatan alat berat satu ini. Kebanyakan hanya memakai hingga menunggu gejala kerusakan timbul. Padahal, jika melakukan perawatan mesin excavator sejak awal memilikinya, maka mesin tidak akan mudah rusak sehingga harus memanggil jasa servis mesin hidrolik terdekat.

5 Tips Perawatan Mesin Excavator

Lalu, bagaimana tips merawat excavator yang baik dan benar? Simak ulasannya berikut ini yang telah Hidrolik.info rangkum dari berbagai sumber.

Perawatan Harian Excavator

1. Berikan pelumasan secukupnya pada komponen berikut ini;

  • kepala silinder boom,
  • sambungan boom,
  • stick & bucket,
  • sambungan bucket.

2. Melakukan pemeriksaan pada komponen berikut ini;

  • ketinggian sistem pendingan,
  • ketinggian oli engine,
  • ketinggian oli hidrolik,
  • sabuk pengaman,
  • penyetelan track,
  • undercarriege.

Jika terdapat kerusakan, segera perbaiki atau lakukan pergantian komponen untuk mendapatkan performa yang lebih optimal.

3. Lakukan pengosongan pada separator air sistem bahan bakar

4. Lalu buang air serta sedimen tangki bahan bakar

5. Lakukan pengujian indikator dan meteran serta alarm travel

Excavator Mulai Rusak

Tidak jarang banyak kasus mesin excavator sudah menujukkan gejala kerusakan karena terlambatnya perawatan yang seharusnya dilakukan sejak awal. Biasanya excavator rusak akan menunjukkan beberapa indikasi berikut ini;

1. Muncul suara bising menganggu

2. Mesin mulai mendadak mati

3. Timbul indikasi kebocoran oli

4. Suhu mesin menjadi cepat panas

5. Kondisi breakdown

Jika kondisi makin parah, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi layanan jasa bengkel excavator terdekat yang terbukti dapat memberikan garansi jaminan resmi.

Nah selesai sudah ulasan tentang tips perawatan excavator. Ikuti terus artikel Hidrolik.info untuk mendapatkan tips seputar mesin hidrolik lainnya.

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *