perawatan forklift
perawatan forklift

5 Tips Jitu Perawatan Forklift Agar Mesin Makin Awet

Bagaimana cara melakukan perawatan forklift? Selengkapnya simak lima tips berikut ini untuk menunjang mesin makin awet.

Hadirnya heavy equipment forklift memang menunjang bagi sektor perusahaan produksi. Secara umum, Forklift adalah alat bantu yang digunakan untuk mengangkat beban berat atau bisa juga untuk memindahkan barang yang berupa kendaraan. Secara teknis, alat berat fokrlift menggunakan sistem hydraulic agar mesin dapat bergerak naik turun dengan leluasa.

Sama seperti kendaraan lainnya, forklift juga membutuhkan perawatan secara berkala guna mencegah dari peluang kerusakan yang dapat menganggu kinerja mesin sewaktu-waktu. Dengan melakukan perawatan rutin, mesin forklift memiliki lifetime yang lebih panjang.

5 Tips Perawatan Forklift

Berikut lima tips perawatan forklift yang dapat anda lakukan dengan mudah bahkan untuk seorang pemula sekali pun, simak selengkapnya berikut ini;

1. Perhatikan komponen pelumas mesin

Tips yang pertama, anda perlu memastikan kondisi komponen mesin yang bergerak memang sudah terlubrikasi dengan baik. Hal ini bertujuan agar mesin dapat terhindar dari gesekan yang dapat merusak komponen hingga mengakibatkan mesin tidak dapat bekerja secara baik.

2. Mengecek kondisi cairan mesin

Umumnya, forklift menggunakan cairan bagian transmisi dan hidrolik, cairan pendingin serta oli motor. Tidak ada salahnya untuk melakukan pengecekan kondisi hingga level cairan.

Pastikan cairan dalam kondisi baik jika unit jarang digunakan serta memastikan kadar level sesuai yang diharuskan agar mesin dapat bekerja optimal.

3. Bahan bakar tercukupi

Tidak hanya kendaraan pribadi saja, namun forklift juga harus terpenuhi sumber tenaga bahan bakarnya. Secara umum, forklift terdiri dari berbagai jenis bahan bakar seperti baterai, LPG, diesel atau bensin. Oleh sebab itu, apapun sumber tenaga yang digunakan, pastikan bahan bakar selalu terisi.

4. Pastikan panel indikator berfungsi dengan baik

Tidak hanya mesin, namun panel indikator juga harus berfungsi dengan baik demi menekan resiko kecelakaan kerja sebab panel yang mengalami disfungsi. Fungsi dari panel indikator tersebut diantaranya memberikan informasi mengenai pengukuran bahan bakar, lampu dan lainnya.

5. Memastikan kondisi ban baik

Tips yang terakhir yakni anda perlu memastikan kondisi ban dalam kondisi baik. Meskipun hingga kini masih banyak yang menyepelekan komponen ini, namun siapa sangka ban merupakan salah satu komponen yang sering digunakan dan mempunyai pengaruh besar dalam efisiensi kerja.

Sebelum memulai operasional dengan forklift, setidaknya pastikan tekanan udara ban sesuai, atau jika ban adalah karet pada maka pastikan ban tidak memiliki kerusakan. Pasalnya, ban yang mengalami kerusakan baik akibat kurangnya tekanan udara ataupun kerusakan fisik dapat membuat Forklift kehilangan keseimbangan sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada muatan yang dibawa.

Nah demikian ulasan tips bermanfaat seputar perawatan forklift. Jika anda membutuhkan komponen sparepart hydraulic, hubungi kami sekarang juga. Semoga bermanfaat..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *