Mudah, 6 Cara Praktis Perawatan Excavator Untuk Harian

Untuk menunjang performa mesin, perawatan excavator terutama harian menjadi tombak utama mesin lancar digunakan tanpa gangguan. Nah, nyatanya tidak sedikit pengguna yang masih beranggapan bahwa perawatan harian itu terbilang cukup sulit. Alhasil, berbagai gejala pun muncul seperti oli yang cepat panas, muncul suara bising, hingga kondisi excavator low power.

Sebelum memulai pengoperasian excavator, seorang operator setidaknya harus melakukan Pemeriksaan Perawatan Harian yang biasa disebut dengan (P2H). Hal ini bertujuan guna meminimalisir kecelakaan kerja yang diakibatkan dari kelalaian seorang operator sebab tidak memperhatikan kondisi alat sebelum dioperasikan.

Jadi kesimpulannya, perawatan harian excavator sangat penting sebelum memulai aktivitas pengoperasian alat berat.

Perawatan Excavator Untuk Harian

Berikut terdapat enam langkah mudah yang dapat anda lakukan dalam melakukan perawatab harian pada excavator. Selengkapnya berikut ini;

1. Perlengkapan kerja (attachment)

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada selang hidrolik apakah masih aman untuk digunakan. Dilanjutkan dengan bagian Oil Seal Cylinder Bucket, Seal Cylinder Arm dan Seal Cylinder Boom.

Lalu periksa juga bagian Pen untuk menghindari kemunkinan terlepasnya komponen attachment yang menggunakan Pen. Selanjutnya memeriksa bagian kuku (tooth bucket) agar tidak mudah terlepas saat mesin sedang bekerja.

2. Pemeriksaan Undercarriage

Dapat dilakukan dengan mengencangkan bagian track dan komponen undercarriage jika sudah longgar.

3. Pemeriksaan komponen bawah mesin

Pastikan tidak terdapat kebocoran pada bagian bawah mesin, radiator, pompa hidrolik, bagian motor swing, bagian tanki oli hidrolik, tanki bahan bakar dan selanjutnya memastikan kran tidak dalam keadaan tertutup.

4. Pemeriksaan komponen alat mesin

Periksa air pendingin, level oli mesin dan kekencangan tali kipas (fanbelt). Selanjutnya memeriksa level oli motor swing kemudian di lanjutkan dengan memeriksa level oli hidrolik, water separator dan baterai (accu) berikut dengan kekencangan kepala accu tersebut.

5. Pelumasan komponen

Perawatan tidak terlepas dalam memberikan pelumasan pada bagian perlengkapan kerja (attachment) dan pembersihan.

6. Panaskan mesin

Setelah selesai memeriksa komponen diatas, kini saatnya lakukan pemanasan awal dengan temperatur rendah sebelum bekerja.

Nah sekian tips bermanfaat seputar perawatan excavator dalam skala harian. Jika butuh layanan lengkap untuk perawatan excavator, silahkan hubungi Cipta Hydropower Abadi melalui whatsapp di 08-111-776-33.

Semoga bermanfaat. Nantikan tips lainnya hanya di Hidrolik Info..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *