penyebab hidrolik forklift tidak mau turun
penyebab hidrolik forklift tidak mau turun

8 Penyebab Hidrolik Forklift Tidak Mau Turun & Solusinya

penyebab hidrolik forklift tidak mau turunBagaimana cara mengatasi penyebab hidrolik forklift tidak mau turun? Agar tidak salah eksekusi, sebaiknya simak ulasan selengkapnya.

Rasanya memang menjengkelkan ketika unit forklift mengalami kerusakan, salah satunya indikasi tidak kuat naik atau tidak kuat mengangkat beban. Padahal, beban yang terangkat dibawah kekuatan dari tonase itu sendiri sehingga normalnya sudah pasti dapat terangkat dengan mudah.

Lalu, apa penyebabnya?

Penyebab Hidrolik Forklift Tidak Mau Turun

Umumya, para pengguna akan mendiagnosa bahwa sumber kerusakan berasal dari pompa hidrolik yang mengalami masalah. Sebab pompa hidrolik sangat berkaitan erat dengan tenaga hidraulik yang dihasilkan dalam mengangkat fokrlift.

Nyatanya, beberapa penyebab lainnya juga harus ditelisik dengan mengetahui selengkapnya berikut ini :

1. Oli

Perlu dicurigai jika kapasitas oli berkurang maka dapat menyebabkan sistem hidrolik gagal mengangkat beban bahkan dalam mengangkat garpu sekalipun.

Mengingat fungsi dari oli adalah sebagai cairan atau fluida yang digunakan untuk mendorong tekanan pada piston di setiap tabung juga sebagai pelumas dari gesekan material agar tidak cepat terjadi kerusakan, maka sudah sepatutnya pengguna memastikan kapasitas oli sesuai dengan standar.

Solusinya cukup menambah oli hidraulik bila berkurang atau ganti jika sudah kotor.

2. Saringan atau Filter Oli

Sangat wajar ketika filter hidrolik mengalami penurunan fungsi karena kotor dapat menjadi penyebab hidrolik forklift tidak mau turun. Filter hidrolik berfungsi sebagai penyaring kotoran agar tidak terbawa sebelum masuk kedalam komponen pompa.

Filter hidrolik yang rusak maka dapat mengakibatkan kerusakan sparepart jika kondisi saringan kotor dan mampat oli yang tersedot masuk juga akan berkurang bahkan tidak ada sama sekali.

Maka dari itu ganti filter hidrolik dengan unit baru atau lakukan pembersihan filter jika memungkinkan. Untuk melihat cara ganti filter hidrolik, silahkan simak disini.

3. Selang Hisap

Ketika selang hisap bocor atau pengikatnya kendor maka forklift gagal untuk naik. Hal ini disebabkan karena pompa akan menyedot oli dan udara sehingga menyebabkan jumlah oli yang masuk ke pompa sangat berkurang sekalipun kebocoranya sangat kecil pengaruhnya sangat besar.

Solusinya ialah periksa selang hisap dari indikasi gejala kemungkinan sobek, bocor atau kurang kencang pengikatnya.

4. Pompa Hidrolik

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa pompa yang sudah rusak atau dalam kondisi lemah maka menjadi penyebab utama dalam sistem hidrolik terutama pada forklift. Anda dapat memeriksa tekanan pompa dengan menggunakan pengukur tekanan. Nah, jika hasilnya lemah segera pebaikan pompa atau ganti dengan yang baru

Oleh sebab itu sebaiknya hubungi servis hydraulic pump atau lakukan pergantian spare parts jika diperlukan.

5. Hose Bocor

Hose dalam kondisi bocor maka mengakibatkan tekanan oli akan terbuang sia sia hingga gagal mencapai valve kontrol apalagi sampai ke tabung piston.

Oleh sebab itu jika terbukti terjadi kebocoran keluar, mau tidak mau lakukan pergantian selang hidrolik berkualitas langsung dari distributor resmi hidrolik.

6. Control Valve

Selain hose, Anda juga patut mencurigai control valve mengalami kebocoran hingga kerusakan fatal.

Solusinya cek komponen control valve dari kemungkinan bocor pada spul, o ring , per sudah patah dan segera lakukan perbaikan.

7. Seal Hidrolik

Seal rusak atau sudah aus menyebabkan tekanan oli lemah sehingga tenaga yang di hasilkan juga kecil.

Solusinya yaitu ganti seal seal yang rusak pada setiap cilinder lift.

8. Tabung Hidrolik

Tabung hidrolik yang longgar atau rusak maka dapat menyebabkan tekanan oli juga menjadi bocor, sekalipun sealnya sudah dilakukan pergantian baru namun tetap saja bocor tak terhindarkan karena kondisi tabung yang longgar atau rusak.

Solusinya ialah cek kerusakan tabung bagian dalam. Jika aus lebih baik ganti dengan unit baru. Pasalnya, tabung yang lecet pada bagian dalam memang sulit untuk di lakukan service serta hasilnyapun kurang memuaskan.

Demikian tips seputar menangani penyebab hidrolik forklift tidak mau turun dan solusinya. Ingat ya, jangan langsung lakukan penggantian sparepart sebelum penyebab kerusakan diketahui secara pasti sebab hal ini memang memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Semoga bermanfaat..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *