Mesin Press Hidrolik : Pengertian & Cara Kerjanya Lengkap

Apa itu mesin press hidrolik? Mesin press hidrolik umumnya alat yang berfungsi untuk menekan atau membentuk berbagai produk dengan mengepress misal plastik, kertas, hingga hose. Dengan hadirnya mesin press memberikan berbagai keuntungan dalam dunia industri dan manufaktur sehingga proses produksi berjalan dengan lancar serta efisien

Pengertian Mesin Press Hidrolik

Mesin press hidrolik adalah alat yang bekerja berdasarkan teori hukum paskal yakni memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan untuk menekan atau membentuk. Umumnya biasa digunakan dalam memperbaiki part motor yang mengalami kerusakan seperti, segitiga dan disk breaker. Biasanya digunakan untuk mempermudah meluruskan segitiga atau disk breaker yang bengkok akibat benturan pada kecelakaan

Dalam dunia industri UKM,  hadirnya mesin press memberikan berbagai keuntungan sehingga proses produksi dapat lebih optimal serta efisien. Mesin press umumnya banyak digunakan untuk mengepress kertas, kardus, kaleng atau plastik bekas. Tujuannya agar siap dikirim ke pabrik pengolahan daur ulang.

Nyatanya, penggunaan mesin press hydraulic ini dinilai sangat penting khususnya untuk mengecilkan volume bahan-bahan tersebut yang sangat besar. Sehingga dapat mengurangi volume sehingga saat pengiriman akan memudahkan baik dari segi ongkos maupun teknis pengiriman. Dengan demikian, pengeluaran menjadi lebih hemat.

Baca juga :

Mesin Press Hose Bekas Sudah Pasti Berkualitas? Intip Faktanya!

4 Tips Mudah Pilih Mesin Press Hidrolik Bekas Terpercaya

Cara Kerja Mesin Press Hidrolik

Lalu bagaimana cara kerja dari penggunaan mesin press tersebut?

Umumnya, cara kerja mesin pengepress hydraulic menggunakan pompa hydraulic dalam melakukan penekanan pada bidang press dan benda yang akan di kecilkan volumenya. Mesin memiliki dua silinder utama yakni silinder kecil dan silinder master atau silinder besar.

Dalam prosesnya, silinder kecil memuat cairan oli hidrolik. Lalu piston didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya yang kemudian mengalir ke silinder master melalui pipa. Disinilah tekanan pada silinder master dan piston di dalam silinder master akan mendorong oli hidrolik kembali ke silinder kecil.

Sistem yang diterapkan pada oli hidrolik silinder kecil mempunyai kekuatan yang lebih besar saat mendorong master silider. Sedangkan untuk mengontrol besarnya daya tekan dan kecepatan gerakan silinder, digunakan banyak valve antara lain check valve, relief valve dan solenoid.

Nah, mesin pengepress hydraulic dapat digunakan menekuk plat-plat berbahan mild steel tebal, alumunium dan juga stainless steel.

Komponen Utama

Kira-kira selain pompa hydraulic, sudahkah anda mengetahui atau meraba berbagai komponen utama dari mesin pengepress pada umumnya?

Komponen utama pada mesin ini adalah

  • piston,
  • silinder,
  • pompa hidrolik,
  • pipa hidrolik,
  • dan beberapa komponen pendukung lainnya.

Baca juga : Toko Hydraulic Terdekat Sekitar Anda, Produk Asli & Lengkap

Keunggulan Menggunakan Mesin Press Hidrolik

Tidak heran jika kini permintaan mesin press tetap melejit setiap tahunnya, baik dari pengguna maupun suku cadang mesin press. Hal tersebut tentu tidak terlepas dari beberapa keuntungan dibawah ini;

  • Pengoperasiannnya mudah dan aman
  • Hasil press padat dan maksimal
  • Desain mesin kuat dan kokoh
  • Ukuran hasil press bisa request sesuai permintaan
  • Harga cukup terjangkau dan bergaransi pastinya

Kesimpulan

Kesimpulannya, mesin pengpress hidrolik memberikan imbas  yang cukup besar bagi pengguna industri UKM maupun skala besar. Kehadiran mesin tersebut secara langsung dapat menunjang produktivitas para pelaku usaha sehingga dapat lebih menghemat pengeluaran biaya operasional perusahaan.

Namun mesin press tetap saja membutuhkan mainatenance serta repair secara berkala demi terhindar dari kerusakan yang dapat terjadi kapan saja. Oleh sebab itu, layanan Cipta Hydropower Abadi hadir dapat dijadikan sebagai solusi untuk memperbaiki mesin press hidrolik anda. Cukup hubungi melalui whatsapp di 08-111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com dan dapatkan layanan lengkapnya.

Nah itulah ulasan seputar mesin press hidrolik. Semoga bermanfaat untuk anda!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *