mesin pabrik rusak
mesin pabrik rusak

Mesin Pabrik Rusak Kenali 4 Penyebab Utamanya Disini

Kerusakan sangat wajar terjadi ketika mesin pabrik rusak sebelumnya sering digunakan dalam waktu intens, terlebih perawatan yang diberikan juga terhitung minim.

Ketika mesin mengalami kerusakan, tidak sedikit pengguna yang kebingungan dalam menganalisa dari segi penyebab dan solusi perbaikan. Pasalnya, mesin pabrik yang rusak sangat menghambat produktivitas perusahaan hingga memicu penurunan omset jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Sejatinya, perawatan

Perawatan mesin secara berkala tentunya dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap komponen mesin itu sendiri, sehingga mesin industri tetap stabil dan proses produksi dapat berjalan dengan lancar.

Penyebab Mesin Pabrik Rusak

Penyebab kerusakan mesin industri beragam, bisa jadi karena usianya yang memang sudah tua, kurangnya perawatan, hingga adanya human error ketika pengoperasian.

Selain tiga hal tersebut, nyatanya masih terdapat beberapa deretan penyebab lainnya. Untuk memastikan apa saja penyebab mesin bisa rusak, silakan simak penjelasan berikut ini.

1. Mesin jarang dibersihkan

Siapa sangka hal spele namun dapat berujung kerusakan mesin.

Mesin pabrik memang rawan kotor karena material yang digunakan sehingga partikel debu dan kotoran dapat menempel dengan mudah. Yang awal mulanya hanya menempel pada body mesin, namun kotoran dapat merembet ke permukaan mesin. Sehingga seiring berjalannya waktu, kotoran ini akan membuat fungsi mesin menurun hingga mencapai titik lemah dan terjadi kerusakan.

2. Permasalahan suku cadang

Sparepart mesin pabrik memang tercakup kompleks dengan spesifikasi yang berbeda. Sehingga, terkadang pemilihan sparepart tidak langsung melalui suku cadang resminya. Hal inilah yang dapat menyebabkan mesin mengalami gangguan fungsi kinerja mesin.

Oleh sebab itu, sebaiknya hindari terjebak harga lebih murah namun kualitasnya meragukan. Pastikan anda membeli sparepart melalui distributor hidrolik resmi.

3. Mesin sudah tidak layak pakai

Sebagus apapun kualitas mesin, suatu saat akan mengalami penurunan fungsi ketika umur mesin sudah mencapai batasnya. Kesimpulannya, tidak ada mesin maupun barang lain yang bisa awet dan bertahan selamanya. Sehingga dalam faktor ini, kemungkinan umur mesin yang sudah tua menjadi faktor mesin pabrik rusak.

4. Jarang dilakukan alignment

Penyebab terakhir kemungkinan mesin industri menjadi rusak yakni karena jarang dilakukan penyelarasan (alignment) secara rutin.

Meskipun spele, namun bagi sebuah mesin alignment menjadi hal penting untuk menyelaraskan kedua sumbu porosnya yang saling berputar pada satu sama lain. Jika dua sumbu poros ini tidak tepat perputarannya, maka akan menimbulkan gesekan dan getaran yang dapat merusak mesin itu sendiri. Oleh karena itu, lakukan penyelarasan secara berkala untuk menghindari kerusakan.

Nah demikian ulasan tips seputar mesin pabrik rusak. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan terpercaya Anda..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *