Cara Maintenance Hose Rusak & Tips Perawatannya

Bagi pengguna alat berat dan lainnya, maintenance hose rusak menjadi salah satu standarisasi yang harus dilakukan dalam menelisik kerusakan untuk mengurangi cost perusahaan. Dengan demikian maka berbagai penyebab kerusakan mesin hidrolik dapat ditangani dengan mudah.

Seiring dengan penggunaan, hose hydraulic dapat dengan mudah mengalami kerusakan. Siapa sangka selang hidrolik rusak juga menjadi pemicu besar mesin menjadi overheat. Biasanya, selang hidrolik yang bocor sangat mudah untuk dilihat secara kasat mata. Namun ada kalanya hose dalam posisi bocor tanpa disadari oleh penggunanya. Sebab, hose yang bocor dapat menghambat aliran coolant. Anda dapat melihat penyebab yang bikin selang hidrolik rusak disini.

Cara Maintenance Hose Rusak

Maintenance merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menjaga kondisi peralatan selalu dalam performa terbaik dan breakdown time menjadi berkurang. Maintenance mencakup dari pengecekan, perawatan, hingga perencanaan spare part hose hydraulic yang tepat.

Dengan demikian maka peluang kerusakan dapat diminimalisir dengan mudah. Namun, ada kalanya jika proses maintenance yang kurang baik juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak terencana dan menimbulkan kerugian terhadap performa alat dan proses produksi.

1. Pengecekan Hose

Untuk melakukan pengecekan, pengguna dapat melakukan ketika kondisi pada saat alat breakdown dan pada saat alat sedang beroperasi. Pengecekan hose bertujuan untuk dapat mengklasifikasi tingkat kerusakan dari fisik hose dan pressure kerja hose. Dengan demikian pengguna dapat menganalisa umur hose untuk dapat masih digunakan. Sehingga pengguna memiliki acuan untuk mempersiapkan hose baru.

Jika anda masih ragu membedakan hose rusak atau masih normal, sebaiknya perhatikan beberapa indikator dibawah ini;

a. Getas

b. Lunak

c. Rapuh

d. Permukaan kasar

2. Analisa Maintenance Hose

Berikut beberapa analisa ketika melakukan maintenance terhadap hose hydraulic, diantaranya;

1. Kerusakan Akibat Suhu

hose rusak akibat suhu
hose rusak akibat suhu

Alat berat identik dengan lingkungan yang terik hingga hujan sebab lokasinya berada di pertambangan. Mudahnya, kerusakan akibat suhu dapat terlihat dari cover hose yang muncul retak, hingga terlihat lapisan wire steel. Jika lapisan ini langsung terkena udara luar maka dapat menyebabkan korosi, alhasil menjadi rapuh. Sehingga tidak heran jika kerusakan akibat bocor dapat timbul dari indikasi tersebut.

2. Kerusakan Akibat Gesekan

hose rusak akibat gesekan
hose rusak akibat gesekan

Umumnya kerusakan ini disebabkan oleh kesalahan posisi pemasangan pada hose. Baik hose dengan hose maupun hose dengan permukaan mesin lainnya dapat menimbulkan kerusakan terkikis pada bagian cover hose. Jika cover hose terkikis secara terus-menerus, maka lapisan steel wire menjadi terbuka dan timbul korosi akibat kontak langsung dengan udara luar. Pressure kerja menurun, timbul kebocoran kemudian.

3. Spesifikasi dan Connecting Hose Yang Digunakan

Nyatanya masih banyak pengguna yang salah menggunakan spesifikasi dan connecting hose yang seharusnya digunakan. Tidak hanya itu saja, instalasi hose yang tidak sesuai dengan standar juga dapat mengakibatkan hal buruk pada mesin hingga mengancam keselamatan lingkungan kerja.

Oleh sebab itu sangat disarankan untuk mengikuti sesuai buku petunjuk mesin atau berkonsultasi kepada ahlinya untuk mengetahui spesifikasi pressure kerja hose dan connecting yang dibutuhkan pada mesin anda. Layanan Cipta Hydropower Abadi dapat menjadi solusi anda untuk berkonsultasi seputar mesin.

Pasalnya, ressure kerja yang tidak sesuai akan memperpendek life time hose dan membahayakan saat terjadi kebocoran secara tiba-tiba.

Tips Perawatan Hose Hydraulic

perawatan hose
teknisi sedang melakukan perawatan hose

Berikut beberapa perawatan yang dapat anda lakukan, diantaranya sebagai berikut;

1. Ganti Hose Secara Berkala

Sedia payung sebelum hujan, merupakan peribahasa tepat untuk meminimalisir kerugian yang hendak menimpa. Maksudnya ialah sebaiknya ganti hose hydraulic secara berkala sebelum terjadinya kebocoran mesin yang dapat berpeluang mesin menjadi rusak semakin parah.

Baca juga: Perawatan Filter Hidrolik Sistem Pada Alat Berat & Industri

Umumnya, ganti selang hidrolik disarankan setiap 3 sampai enam bulan sekali namun hal ini dapat bervariasi sesuai kondisi mesin.

2. Pakai Spiral Guard

Apa itu spiral guard? Merupakan salah satu jenis pelindung pada hose hydraulic sebagai proteksi maksimal cegah gesekan dan paparan terik matahari secara langsung. Dengan demikian resiko getas lebih cepat dapat diminimalisir dengan mudah. Penjelasan spiral guard selengkapnya silahkan klik disini.

3. Pakai Merek Berkualitas

Nyatanya, merek berkualitas dapat memberikan pengalaman performa terbaik pada mesin. Sebab merek yang berkualitas umumnya sudah menggunakan material serta senyawa khusus yang diproktesikan untuk pekerjaan mesin hidrolik yang berat, salah satunya alat berat di pertambangan.

Berbagai rekomendasi selang hidrolik dapat dicek sini.

maintenance hose rusak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *