lapisan hose
lapisan hose

Ini 4 Lapisan Hose Hydraulic Yang Sering Digunakan

Hose hydraulic memiliki beberapa lapisan hose yang disesuaikan untuk kebutuhan mesin. Dengan demikian, hose manjadi tidak mudah bocor walaupun kondisi fluida yang tergolong bertekanan tinggi.

Pada dasarnya, hose hydraulic terbuat dari material karet yang agar eksitensi fleksibilitas tetap terjaga. Selain lentur, selang hidrolik juga memiliki peranan sebagai penahan tekanan dan getaran dalam tingkatan paling tinggi sekalipun.

Umumnya, selang hydraulic mampu bertahan pada segala cuaca, sinar matahari, bahan kimia, dan lain sebagainya. Nah, tidak heran jika saat ini banyak produsen selang hidrolik yang berlomba-lomba menghadirkan berbagai produk hose dengan kualitas terbaik.

Lapisan Hose Hydraulic Secara Umum

Meskipun sudah dicampur dengan material logam besi dan lainnya, namun nyatanya material karet tidak sepenuhnya mendukung life tima mesin sebab peluang getas hingga bocor dapat terjadi kapan saja.

Baca juga: Cara Maintenance Hose Rusak & Tips Perawatannya

Agar tidak salah pilih, sebaiknya perhatikan beberapa lapisan hose berikut ini yang biasanya digunakan oleh pengguna mesin hidrolik baik pertambangan maupun sektor industri.

1. Lapisan Inner Tube

Lapisan ini dapat dikatakan sebagai lapisan terdalam dari sebuah hose hydraulic. Lapisan inner tube menjadi bagian yang dapat bersentuhan langsung dnegan fluida. Jadi, inner tube dirancang  sedemikian rupa agar kompatibel dengan jenis cairan yang melewatinya.

2. Lapisan Reinforcement Layer

Merupakan lapisan penguat yang memiliki fungsi sebagai pemberi kekuatan pada hose. Lapisan ini terbuat dari kapas, material sintetis, dan juga kawat yang dibelit secara spiral.

3. Lapisan Cushion

Lapisan ketiga pada hose disebut dnegan cushion. Tujuannya untuk mengurangi gesekan dari sistem hidrolik yang bertekanan tinggi. Selain itu, cushion juga berfungsi sebagai pelindung inner tube agar tidak terkena kawat dari lapisan penguat.

4. Lapisan Cover

Nah lapisan terakhir disebut dengan cover. Lapisan inilau yang sering terlihat secara fisik. Berfungsi untuk melindungi keseluruhan hose dari kerusakan yang disebabkan oleh cuaca dan juga lingkungan. Umumnya terbuat dari kawat baja, plastik, dan juga kain.

Nah itulah ulasan lengkap terkait lapisan selang hydraulic pada umumnya. Untuk mencari kebutuhan selang hidrolik lengkap dengan ragam spesifikasi mesin, anda dapat menghubungi layanan distributor resmi Cipta Hydropower Abadi melalui nomor whatsapp di 08111-77633 atau email ke info@ciptahydropower.com

Pastiikan hydraulic system anda oleh ahlinya !!

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *