Kenali 4 Jenis Pompa Hidrolik Umum yang Sering Digunakan

Sebelum memutuskan hendak menggunakan yang mana, setidaknya ketahui jenis pompa hidrolik yang biasanya digunakan dalam industri. Apa saja itu? Simak selengkapnya disini.

Jika diibaratkan seperti tubuh manusia, pompa hidrolik dapat dikatakan sebagai jantungnya mesin. Pasalnya, pompa hidrolik memiliki peranana penting sebagai sumber energi dalam mengubah energi fluida menjadi energi mekanik. Nah, inilah yang menyebabkan mesin dapat bekerja dengan optimal bahkan hingga mengangkat material ratusan kilogram.

Jenis Pompa Hidrolik

Seperti hal nya spesifikasi mesin, pompa hidrolik juga terdiri dari berbagai jenis. Semuanya tetap didasarkan pada kebutuhan si pengguna. Kebutuhan mesin industri plastik dengan mesin baja tentu berbeda.

Nah, maka dari itu kenali jenis pompa hidrolik berikut ini;

1. Pompa Hidrolik Roda Gigi (Gear Pump)

Pompa Hidrolik Roda Gigi

Umumnya, pompa hidrolik roda gigi atau gear pump mampu menghasilkan aliran energi dari putaran dua roda gigi yang berputar. Dari gerakan tersebut kemudian timbul daya hisap sehingga fluida dapat mencapai saluran tekan dalam sistem hidrolik.

Sebab kinerjanya, jenis pompa roda gigi banyak digunakan oleh para pengguna mesin.

Jenis pompa hidrolik ini terbagi menjadi dua jenis berdasarkan letak roda gigi, diantaranya;

Roda Gigi Dalam

roda gigi dalam

Dengan dua roda gigi, roda gigi yang pertama mempunyai ukuran lebih besar dan bekerja sebagai rotor yang menggerakkan roda gigi kecil (berfungsi sebagai idler). Fluida akan masuk lewat suction port dan kemudian mengalir di sela-sela roda gigi.

Roda Gigi Luar

roda gigi luar

Roda gigi luar berbeda balik dengan roda gigi yang didalam. Jenis pompa hidrolik yang satu ini memanfaatkan sepasang roda gigi berukuran sama besar. Dalam pompa hidrolik roda gigi luar, fluida masuk melalui saluran inlet, melalui celah di antara roda gigi dan dinding, dan kemudian keluar melalui outlet.

2. Pompa Hidrolik Gerotor

Pompa Hidrolik Gerotor

Sesuai dengan namanya, kinerja dari pompa ini dibantu oleh dua rotor. Rotor pertama atau inner rotor berfungsi sebagai penggerak. Sedangkan rotor kedua atau outer rotor (gerotor betina) adalah rotor yang digerakkan. Lalu fluida masuk dalam ruang penggerak ini melalui lubang saluran masuk. Setelah itu, fluida akan melalui gigi-gigi rotor hingga menuju lubang saluran keluar.

3. Pompa Hidrolik Baling-Baling (Vane Pump)

Pompa Hidrolik Baling-Baling

Jenis pompa ini membutuhkan bantuan baling-baling dengan rotor yang memiliki dua saluran inlet (saluran masuk) dan dua saluran outlet (saluran keluar). Bentuk saluran ini menyerupai elips dan saling berlawanan arah. Cara kerjanya hampir mirip dengan pompa air pada umumnya.

4. Pompa Hidrolik Torak (Piston Pump)

Pompa hidrolik torak

Siapa yang tidak mengenal jenis pompa yang satu ini?

Kinerja piston pump dapat dikatakan menyerupai dengan pompa kompresor. Lalu apa perbedaannya?

Ketika media pompa mendapatkan tekanan, kompresor menekan udara sedangkan torak menekan fluida. Pompa hidrolik torak menekan fluida dengan silinder yang ada pada check valve hingga kemudian masuk ke saluran tekan.

Dibandingkan dengan jenis lainnya, nyatanya jenis pompa hidrolik toral cukup unik sebab nilai output-nya tidak selalu tetap namun bisa berubah-ubah. Hal ini dikarenakan pergerakan torak tidak selalu parallel, tetapi juga bisa berubah sudut sehingga aliran tekanan pun berubah.

Untuk piston pump ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu;

Torak Axial

Torak Aksial

Torak axial akan bergerak dalam gerakan maju-mundur sesuai dengan shaft. Biasanya torak axial digunakan pada mobile equipments.

Torak Radial

Torak radial

Jika sebelumnya bergerak maju mundur, nah jenis pompa torak radial bergerak dengan membentuk sudut 90┬░.

Nyatanya, hampir seluruh industri sudah mulai memanfaatkan mesin hydraulic system dalam melancarkan bisnis produksi, sehingga dapat disumpulkan bahwa penggunaan pompa hidrolik dibutuhkan di kalangan industri hingga merambah ke segmen manufaktur, konstruksi, dan pertambangan.

Oleh sebab itu, kenal jenis pompa hidrolik yang tepat dan lakukan konsultasi kepada ahlinya agar tidak salah pilih. Bagi anda yang membutuhkan jual pompa hidrolik, silahkan klik disini. Semoga bermanfaat !!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *