Mengenal 2 Jenis Filter Hidrolik Serta Fungsinya Lengkap

Meskipun hidrolik terdiri dari berbagai jenis mesin, namun jenis filter hidrolik hanya terdapat dua jenis saja loh. Intip selengkapnya disini.

Baik mesin industri maupun alat berat seperti excavator, keduanya sama-sama membutuhkan filter hidrolik agar pengoperasian menjadi lebih optimal.

Secara umum, filter hidrolik berfungsi menyaring kotoran yang ada pada oli. Oli sangat mudah tercemar kandungan kotoran sebab berbagai sumber serta reaksi kimia dari adanya air, udara, panas dan tekanan mengakibatkan sludge atau lumpur.

Jenis Filter Hidrolik

Pada dasarnya, jenis filter hydraulic dibedakan menjadi dua jenis saja yakni surface filter dan depth filter. Nah, berikut penjelasan selengkapnya.

1. Surface Filter

surface filter

Surface filter adalah filter hidrolik yang mempunyai permukaan tunggal yang dapat menghambat serta membuang partikel kotoran yang besarnya lebih besar dari lubang – lubang filter hidrolik itu sendiri.
Kotoran otomatis tersaring dan dipisahkan dari oli dan ditahan disisi bagian luar filter dan oli yang bersih terus dapat melewati lubang filter. Lalu, semua kotoran yang tidak lolos dari lubang filter akan jatuh terkumpul dalam wadah filter atau menempel langsung di filter.  Sehingga filter menjadi  tersumbat atau buntu yang harus segera di bersihkan atau di ganti secara berkala.
Nah, jenis filter ini terdapat dua macam jenisnya, yaitu;
 
a. Pleated Paper Filter 
Merupakan jenis filter yang terbuat dari lembaran – lembaran kertas yang di lipat – lipat yang bahan kertasnya terbuat dari serat tumbuh – tumbuhan dan dicetak menjadi kertas filter , dan karena dalam sistem juga ada timbulnya  perbedaan tekanan maka dalam pembuatan filter di beri bingkai.

b. Metal Edge Filter

Merupakan jenis  filter yang terdapat plat yang berbentuk gelang dan bermagnet, sehingga bila di susun berbentuk silinder yang bercelah dengan bagian luar terbingkai dalam bentuk kertas atau filter kawat.

Oli akan mengalir di sela – sela setiap plat dan kotoran yang cukup besar akan tersangkut demikian juga gram – gram metal ( dalam bentuk partikel halus ) dapat tertarik oleh magnet yang ada dalam gelang – gelang plat metal.

2. Depth Filter

depth filter

Depth filter adalah filter hidrolik yang digunakan untuk penyaringan material dengan volume yang besar atau banyak untuk pembagian oli dengan arah yang berbeda-beda sehingga akhirnya akan dialirkan menuju tangki hidrolik.
Jenis filter ini diklasifikasikan menjadi dua kelompok filter yaitu :

a. Absorbent

Merupakan jenis penyaringan yang bekerja secara manual atau mekanikal seperti spoon yang menghisap air.

b. Adsorbent

Meskipun jenis penyaringan sama seperti absorbent, namun yang membedakan ialah terdapat zat kimia untuk memisahkan atau melarutkan menyaring kotoran dan kontaminasi.

Pentingnya Filter Hidrolik Bagi Mesin

pentingnya filter hidrolik

Jika dalam tubuh terdapat ginjal yang berfungsi untuk mencuci darah agar bersih, nah sama hal nya dengan filter hidrolik yang bekerja menyaring oli bebas dari kotoran dan residu lainnya agar kinerja pembakaran mesin dapat leboh optimal.

Untuk melakukan pengukuran derajat kemampuan penyaringan suatu filter hidrolik, semua sepakat dengan menggunakan satuan micron (seperibu milimeter). Oleh sebab itu, hingga kini beberapa pabrikan telah menentukan kerapatan atau besaran suatu matrial yang dapat disaring dengan satuan micron, sesuai dengan sistem hidrolik yang di rancang untuk mesing yang bersangkutan.
Nah, jadi kini Anda sudah paham seberapa penting penggunaan filter bagi kesuksesan mesin. Maka dari itu jangan gadaikan penggunaan filter hidrolik abal-abal jika tidak ingin mesin mengalami malfungsi. Kini tersedia jual filter hidrolik lengkap untuk kebutuhan industri dan tambang. Pastikan yang berkualitas hanya melalui distributor resmi hidrolik.
Semoga ulasan diatas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *