inspeksi excavator
inspeksi excavator

Daftar Inspeksi Excavator Serta Form Checklist

Agar alat berat tetap dapat beroperasi sesuai prosedur keselamatan, maka dibutuhkan kegiatan inspeksi excavator secara berkala demi menunjang umur mesin lebih panjang dan awet. Mengingat excavator merupakan salah satu alat berat yang sering digunakan diberbagai sektor seperti perairan, industri, perhutanan, hingga pertambangan maka tak ayal sebagai pemilik perusahaan harus memperhatikan kondisi excavator agar prima setiap saat, terlebih ketika excavator rusak.

Pada ulasan kali ini, Mekanik Hydro akan membahas bagian penting untuk dipertimbangkan saat melakukan inspeksi pada excavator.

Daftar Inspeksi Excavator

Berikut ini beberapa daftar bagian excavator yang perlu dilakukan pengecekan kondisi, diantaranya;

1. Bucket
Perhatikan jika terlihat kondisi tidak wajar seperti penyok, karat pada bucket.

2. Hydraulic Cylinders
Jika menemukan indikasi rembesan oli pada permukaan cylinders, waspada terjadi kebocoran.

3. Arm & Boom
Periksa cacat seperti retak pada las antara arm dan boom. Meskipun keretakan masih kecil, namun perlu diwaspadai karena berpeluang terjadi kerusakan.

4. Semua Pin yang ada pada bucket, boom, dan arm
Sebaiknya selalu berikan grease regular untuk menghindari kondisi aus dan karat pada bagian ini.

5. Kabin

Tidak kalah penting, cek kondisi kabin apakah ada retak, penyok, dan karat pada seluruh bagian dalam kabin. Jangan lupa juga untuk periksa bagian rem dan klakson apakah dapat berfungsi dengan baik.

6. Mesin
Perhatikan tanda kebocoran pada pompa hidrolik, selang, fitting, dan valves.

7. Counter Weight
Keseimbangan dari alat dan beban yang diangkat bergantung pada bagian ini. Ingat untuk selalu periksa posisi maupun kondisi counterweight!

8.Pins and Bushings
Periksa apakah pins dan bushings mengalami keausan berlebihan.

9. Front Idler

10. Guide Rollers

11. Roller Frame

12. Roller Crawler

Form Checklist Inspeksi Excavator

Setelah mengetahui beberapa bagian yang harus dilakukan pengecekan, berikut ini Mekanik Hydro sertakan form checklist secara umum untuk mempermudah rekap laporan.

FORM inspeksi excavator

Pentingnya Inspeksi Excavator

Mesin konstruksi dievaluasi dalam lingkup “Peraturan Keselamatan Mesin (2006 / 42 / AT)” dan Kondisi Kesehatan dan Keselamatan meli dalam Penggunaan Peralatan Kerja dan dianggap sebagai mesin yang harus diperiksa secara berkala dalam lingkup keselamatan kerja.

Inspeksi berkala terhadap mesin konstruksi, yang tidak termasuk dalam inspeksi lalu lintas jalan karena tidak digunakan di jalan, dalam hal keselamatan kerja memainkan peran penting dalam pencegahan kecelakaan kerja.

Kami menghadirkan layanan inspeksi hydraulic system. Selengkapnya silahkan kirimkan kebutuhkan Anda melalui mail di info@ciptahydropower.com

Semoga ulasan seputar inspeksi excavator dapat bermanfaat untuk Anda..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *