Hidrolik Tidak Mau Naik : Penyebab & Cara Mengatasinya

Ketika hidrolik tidak mau naik sudah pasti mesin dalam kondisi yang tidak prima. Untuk memperbaiki mesin, simak penyebabnya berikut ini.

Permasalahan mesin hidrolik memang cukup kompleks karena secara umum mesin terdiri dari berbagai komponen, salah satunya silinder hidrolik. Beberapa kasus menyebutkan bahwa pengguna sering dikeluhkan dengan kondisi silinder hidrolik yang tidak bisa bergerak naik dan turun.

Padahal kondisi hidrolik telah mendapatkan servis di tempat lain. Seal-seal keseluruhan masih dalam keadaan baru dan setelah dilihat ternyata juga mempunyai kualitas yang bagus.

Lalu apa penyebabnya?

Penyebab Hidrolik Tidak Mau Naik

Salah satu bengkel mencoba mengatasi masalah ini. Ketika dilakukan pengecekan dari cover depan ternyata ada kejanggalan kondisi dari lubang cover seal dalam keadaan rata serta diameter yang sama.

Setelah melakukan pengecekan lebih lanjut, ternyata lubang port juga tidak mengarah ke samping ke arah tabung hidroliknya, melainkan lurus ke arah as hidroliknya.

Hidrolik tidak dapat naik turun karena tidak ada supplai oli yang masuk kedalam tabung. Hal ini disebabkan karena diameter dalam cover depan hidrolik dan as hidroliknya mempunyai ukuran yang sama sementara lubang oli diarahkan kesini. Dampaknya, oli tidak dapat masuk dan mengalir ke dalam tabung hidrolik.

Jika disebutkan per poin, seperti inilah kondisi silinder hidrolik si pengguna;

  1. Hidrolik memiliki strooke yang pendek sekitar 10 mm
  2. Kondisi as hidrolik, tabung serta piston dalam keadaan bagus tidak ada cacat, baret maupun terlihat bengkok
  3. Seal-seal masih dalam kondisi baru
  4. Cover belakang juga dalam kondisi baik
  5. Cover seal juga dalam kondisi yang baik, baik dari segi bentuk maupun ukuran

Cara Mengatasi Hidrolik Tidak Mau Naik

Berikut beberapa cara mengatasi silinder hidrolik yang tidak naik secara otomatis;

1. Memperbesar diameter dalam dari cover depan

2. Memperbaiki diameter dalam cover agar center dengan diameter luar

3. Mengganti silinder hidrolik jika sudah tidak layak pakai

4. Memastikan oli masih berkualitas dan layak pakai

5. Merakit hidrolik kembali

Jika beberapa cara diatas masih gagal, tidak ada salahnya untuk segera menghubungi bengkel jasa servis mesin hidrolik terdekat agar mesin dapat segera tertangani.

Semoga hadirnya ulasan diatas dapat membantu anda dalam mengatasi masalah hidrolik tidak mau naik. Nantikan tips bermanfaat lainnya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *