cara setel pompa hidrolik
cara setel pompa hidrolik

Cara Setel Pompa Hidrolik Excavator, Perhatikan Hal Ini

Bagaimana cara setel pompa hidrolik terutama pada Excavator Hitachi? Masih banyak pengguna yang merasa kesulitan dalam melakukan penyetelan pada pompa hidrolik excavator. Memakai opsi pengguna jasa secara terus-menerus justru tidak dapat menambah skill pengetahuan pengguna yang memang harus dikuasai seutuhnya.

Umumnya, cara menyetel pompa hydraulic excavator hitachi sangat penting untuk diketahui bersama terutama pada pengguna alat berat. Pada unit ini, excavator memiliki 2 pompa yaitu pompa terpasang di sebelah kiri dan pompa terpasang di sebelah kanan. Sedangkan pilot pump terpasang pada bagian sebelah kanan pompa hidrolik.

Jenis Pompa Hidrolik Excavator Hitachi

 

cara setel pompa hidrolik excavator hitachi mudah

Jenis pompa hidrolik yang digunakan pada excavator Hitachi ialah berjenis piston displacement pump dan di control dengan menggunakan regulator. Nah, setiap pompa yang memiliki regulator tersendiri juga memiliki control di berbagai parameter.

Pompa pertama berfungsi untuk melayani control valve sebelah kiri yaitu Travel kanan, Bucket, Boom 1 dan Arm 2.

Sedangkan pompa kedua berfungsi untuk melayani control valve sebelah kanan yaitu Swing, Arm 1, Boom 2, Auxiliary, Travel Kiri.

Fungsi Regulator Pada Pompa Hitachi

Secara teknis, regulator pompa Excavator Hitachi Zaxis 200 memiliki dua spool ang bekerja berdasarkan tekanan oli sesuai dengan beban kerja pada system hidroliknya yang dapat Anda lihat pada gambar diatas.

cara setel pompa hidrolik excavator hitachi

Nah berikut beberapa fungsi dari regulator valve yaitu sebagai berikut :

  1. Pump control pressure
  2. Pump delivery pressure
  3. Torque control
  4. Flow rate control

Perfoma hidrolik didukung dari berbagai fungsi regulator diatas dengan fuel consumtion yang rendah. Fakta yang terjadi di lapangan, rata-rata banyak custromer yang mengeluhkan menggunakan tenaga besar dengan boros bahan bakar karena dapat mencekik pengeluaran perusahaan.

Oleh sebab itu sebagai menjawab kasus diatas, saat ini berbagai produsen terus berlomba-lomba menciptakan inovasi produk dengan tenaga atau produktifitas yang tinggi dengan fuel consumtion yang rendah.

Cara Setel Pompa Hidrolik

Umumnya jika mesin pada sistem hidrolik mengalami masalah maka pasti yang dilakukan oleh seorang mekanik adalah melakukan penyetelan baik di komponen relief valve atau pada regulator pompa. Oleh sebab itu, pengguna rasanya wajib untuk mengetahui cara setel resgulator pompa Excavator Hitachi untuk mengatasi hal diatas.

cara setel pompa hidrolik excavator

Namun jangan lupa juga untuk melakukan perawatan pompa industri maupun alat berat Excavator agar kerusakan teknis dapat diminimalisir.

Cara Setel Pompa Hidrolik Excavator Hitachi untuk Flow Rate

Spool nomor 4 di atas merupakan spool yang berfungsi untuk mengatur flow saat netral maupun beroperasi

Jika peyetelan pada screw warnah kuning di atas terlalu kencang maka berakibat hidrolik sistem mengalami low power saat awal digerakkan

Sedangkan jika penyetelan spring terlalu rendah maka engine akan terbebani saat awal digerakkan, untuk itu pastikan melakukan penyetelan sesuai prosedur.

Cara Setel Pompa Hidrolik Excavator Hitachi untuk Torque Control

Spool nomor 6 sesuai dengan gambar di atas merupakan spool untuk torque control dan menghindari engine selalu mati saat hidrolik dioperasikan.

Jika penyetelan pada torque control spool dikurangi sesuai tanda panah merah di atas maka sistem hidrolik excavator low power saat bekerja terutama pada saat ada beban

Sedangkan jika penyetelan terlalu kencang maka dapat menyebabkan engine mati saat terjadi beban pada sistem hidrolik

cara setel pompa hidrolik

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *