Cara Pasang Klem Pipa Hydraulic Dengan Mudah & Aman

Meskipun terlihat mudah, namun beberapa pengguna masih mengeluhkan dalam cara pasang klem pipa tepat dan mudah. Seperti apa caranya?

Clamp pipa merupakan salah satu assesories pada hydraulic system. Fungsinya sebagai penjepit pipa atau selang hidrolik agar tidak mudah renggang serta mencegah dari kebengkokan. Umumnya, pemasangan klem sangat mudah, hanya dengan menempatkan klem pada permukaan yang stabil dan memasang klem pada selang, pipa atau penjepit dengan erat.

Namun, nyatanya beberapa pengguna masih mengalami kebingungan serta dilanda khawatir malah memicu pemasangan yang kurang tepat.

Cara Pasang Klem Pipa

Lalu bagaimana cara pasang klem pipa?

Meskipun secara dasar merupakan hal yang mudah, namun masih banyak pengguna yang mengalami kesulitan dalam memasang klem pipa hydraulic. Klem ini digunakan untuk pengunci pemasangan hose hydraulic, pipa, dsb.

Berikut langkah dan cara mudahnya:

1. Siapkan klem

2. Buka sekrup drat dengan menggunakan obeng

3. Drat sampai habis lalu tarik sampai lepas

4. Lalu presisikan klem dengan pipa yang hendak dikencangkan

5. Setelahnya, gunakan obeng untuk mengencangkan sekrup

6. Selesai sudah.

Catatan :

  • Pemasangan ini harus dilakukan dengan kuat sejak awal untuk menghindari terjadinya perubahan selama bekerja.
  • Setelah pekerjaan selesai, klem ini dapat dibongkar dengan mudah sesuai kebutuhan anda.

 

Pentingnya Menggunakan Clamp Pipa

penting pakai clamp pipa

Secara umum, klem pipa digunakan sebagai penahan pipa, selang hidrolik, dan tabung agar lebih kuat kuat dan presisi pada saat mesin bekerja.
Badan klem terbuat dari polipropilen, aluminium, poliamida, dan polipropilen dengan sisipan karet.
Material ini memiliki fitur yang berbeda dan dapat menahan panas pada level yang berbeda. Untuk Polipropilen, temperatur kerja berkisar antara -30⁰C sampai +90C. Aluminium memiliki tingkat suhu kerja maksimal 300⁰C, sedangkan poliamida dapat bekerja antara -40⁰C hingga +120⁰C.
Komponen logam yang umumnya digunakan dalam pembuatan klem pipa adalah Stainless Steel (SS316) dan baja karbon.
Kegunaan utama dari klem stauff adalah untuk menahan benda dengan kuat dan memastikan stabilitas, terutama dalam sebuah sistem hidrolik. Jadi tidak heran fungsi clamp ini sangat dibutuhkan dalam dunia industri maupun transportasi atau tambang.

Nah itu dia cara pasang klem pipa dengan mudah dan aman khususnya bagi pemula. Bagi Anda yang membutuhkan assesories seputar klem pipa dan layanan mesin lainnya, langsung aja hubungi Cipta Hydropower Abadi.

Nantikan tips bermanfaat lainnya ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *