cara memperbaiki mesin press hose
cara memperbaiki mesin press hose

Cara Memperbaiki Mesin Press Hose Mudah Bagi Pemula

Jangan putus asa, khusus bagi anda pemula kini terdapat cara memperbaiki mesin press hose dengan mudah tanpa harus memanggil jasa servis.

Rasanya sangat menjengkelkan disaat mesin mendadak mati atau rusak ketika sedang digunakan. Mesin press merupakan salah satu mesin penunjang yang digunakan sebagai pengepress selang hidrolik dengan fittings untuk siap dipakai pada mesin. Pemilihan mesin press hidrolik juga ikut menentukan kualitas hasil selang hidrolik yang dapat menjamin kebocoran akibat celah fittings.

Masalah Mesin Press Hidrolik

Umumnya, teknisi sering menemukan beberapa masalah pada mesin press dibawah ini;

1. Terdapatnya kebocoran oli

Ketika oli mengalami kebocoran, biasanya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini;

Pipa ataupun Hose

Penyebab kebocoran pada area ini biasanya diakibatkan oleh masa pakai (lifetime) pipa ataupun hose yang sudah lama.

–  Silinder hidrolik

Penyebab terjadinya kebocoran pada bagian ini bisa diakibatkan oleh seal yang sudah rusak, bisa dikarenakan masa pakai yang sudah lama atupun ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada seal tersebut.

– Directional valve

Kebocoran pada bagian ini lebih banyak lagi penyebabnya, biasanya seal yang sudah rusak ataupun ada komponen didalamnya yang sudah rusak.

– Pompa hidrolik

Mechanic seal bisa menjadi penyebab kebocoran pada area ini.

2. Tekanan menjadi lemah

Ketika oli mengalami kebocoran, biasanya juga akan berimbas pada daya tekanan menjadi lemah dengan beberapa penyebab berikut ini;

– Silinder hidrolik

Inti dari kerusakan silinder hidrolik adalah kebocoran oli, jika terjadi kebocoran pada bagian wiper seal tentunya dengan mudah kita bisa melihat secara langsung, namun jika terjadi kebocoran pada bagian dalam tentunya kita tidak bisa melihat langsung tanpa melakukan pembongkaran.

– Directional valve

Directional valve yang sudah mengalami kerusakan pastinya bisa membuat tekanan menjadi berkurang, karena pada bagian inilah besarnya flow dan tekanan diatur.

– Pompa hidrolik

Sebuah pompa hidrolik yang sudah berkurang daya kerjanya tentu akan mengurangi kinerja sebuah sistem hidrolik yang sedang bekerja, bahkan jika kerusakannya lebih berat maka secara otomatis sistem hidrolik tidak akan bisa bekerja.

Cara Memperbaiki Mesin Press Hose

Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memperbaikin mesin press hydraulic khususnya bagi pemula.

1. Mengganti spare part yang telah rusak

Jika anda menemukan indikasi kerusakan pada selang hidrolik, pompa hidrolik, directional valve, ataupun silinder hidrolik, jangan pikir dua kali untuk segera menggantinya seperti selang hidrolik. Namun selebihnya jika hanya kerusakan ringan, anda dapat memanggil jasa servis mesin hidrolik terdekat.

2. Perhatikan kadar oli

Selanjutnya, anda perlu memastikan kadar oli dalam mesin sudah sesuai dengan takaran artinya tidak berkurang tidak berlebihan. Dengan demikian mesin dapat bekerja dengan optimal

3. Bersihkan mesin

Ketika mesin didiagnosa karena kebocoran oli, biasanya akan muncul area rembesan oli pada sekitar komponen mesin. Alangkah baiknya untuk segera membersihkan dengan menggunakan lap atau kain lembut agar debu kotoran lainnya tidak masuk kedalam mesin yang dapat menganggu kinerja mesin.

4. Membawa ke bengkel hidrolik terdekat

Frustasi karena mesin tidak kunjung membaik? Sudah kini saatnya anda harus memanggil jasa servis mesin hidrolik terdekat yang memang sudah berpengalaman.

Untuk menentukan masalah yang terjadi pada sebuah mesin press hidrolik haruslah dilakukan pengecekan dan analisa terlebih dahulu untuk menentukan bagian mana yang mengalami kerusakan, jika tidak telihat secara jelas kemungkinan penyebabnya.

Dengan menggunakan tools canggih, proses pengerjaan mesin menjadi lebih cepat dan bergaransi aman.

Selesai sudah ulasan tentang cara memperbaiki mesin press hose. Jangan lupa dipraktekkan. Semoga berhasil yaa..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *