cara melepas tangki hidrolik
cara melepas tangki hidrolik

11 Cara Melepas Tangki Hidrolik Dump Truck Dengan Mudah

Bagaimana cara melepas tangki hidrolik dengan mudah? Mungkin anda butuh membaca ulasan berikut ini sampai habis. Simak selengkapnya.

Ada saatnya tangki hidrolik harus dilepaskan dari unit mesin. Biasanya, tangki dilepas ketika pengguna hendak membersihkan atau menguras isi tangki secara keseluruhan. Pasalnya, mungkin saja tangki sudah banyak menyimpan kerak kotoran sehingga sangat berpengaruh pada tenaga mesin yang dihasilkan. Oleh sebab itu rajin-rajinlah membersihkan tangki secara berkala agar biaya perawatan truk tidak membengkak.

Pada sebagian tangki, ada yang sudah dilengkapi dengan filter hidrolik. Selama mesin operasi, oli atau fluida didalam tangki hidrolik dapat berkurang dan bertambah sesuai dengan volume dari silinder hidrolik. Penyebabnya karena masing – masing silinder hidrolik mengambil dan mengeluarkan oli atau fluida pada saat silinder extend (memanjang) dan retract (memendek).

Peringatan Sebelum Melepas Tangki Hidrolik

Jangan terburu-buru. Sebaiknya ketahui beberapa hal sebelum melepas tangki hidrolik agar aman dari kecelakaan kerja.

1. Pada suhu operasi, tangki hidrolik bersifat panas dan di bawah tekanan. Oli yang panas dapat menyebabkan luka bakar pada kulit secara langsung.

2. Untuk mencegah kemungkinan terjadinya cedera, lepaskanlah tekanan dalam sistem kemudi sebelum saluran atau komponen hidrolik dilepas.

3. Lepaskan tutup tangki pengisian oli ketika mesin dimatikan dan tutupnya cukup dingin untuk dipegang dengan tangan telanjang.

4. Berhati-hatilah dalam memastikan bahwa fluida tetap aman dalam tempatnya ketika Anda melakukan proses inspeksi, pemeliharaan, pengujian, dan perbaikan produk untuk memastikan bahwa cairan tersebut masih layak digunakan.

5. Persiapkan wadah yang sesuai sebelum membuka kompartemen atau pembongkaran komponen yang mengandung cairan untuk menyimpan cairan.

6. Lihat buku panduan alat dan perlengkapan yang sesuai untuk menyimpan cairan.

7. Terakhir, buang semua cairan sesuai dengan peraturan daerah setempat.

Cara Melepas Tangki Hidrolik

Berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan ketika hendak melepas tangki hidrolik secara mudah dan nyaman, diantaranya ;

1. Pertama, pasang body retaining pin dengan cara menaikkan dump body.

Lalu masukkan body retaining pin pada tempatnya, yaitu pada sisi kiri dan kanan mesin.

2. Pasang cap dan plug pada semua saluran yang terbuka untuk mecegah debu atau kotoran lainnya masuk ke dalam sistem.

Meskipun sering dianggap spele namun kebersihan merupakan faktor yang sangat penting dalam perbaikan. Sebelum melaksanakan proses pelepasan, pastikan area di sekitar komponen harus bersih agar tidak ada contaminant yang masuk ke dalam sistem.

3. Kemudian tekan breaker relief valve dengan perlahan-lahan untuk membebaskan tekanan di dalam steering tankBreaker relief valve terletak di bagian atas steering tank.

4. Kuraslah oli hidrolik di dalam steering tank ke dalam wadah yang sesuai untuk menyimpan atau untuk membuangnya apabila tidak dipakai lagi.

Kapasitas pengisian dari tangki kemudi adalah 40 liter  atau sekitar 11 US galon. Lihatlah pada “Operation Maintenance Manual” untuk mengetahui informasi yang pasti tentang penggantian oli pada sistem kemudi.

5. Lepas dua bolt dan washer. Lalu lepas hydraulic filter assembly dari sterring tank.

6. Lepas empat locknut dan washer. Lepas oil filter assembly dari steering tank.

7. Lepas O-ring seal (5) dari oil filter assembly (4).
image

8. Lepas hose assembly (6), hose assembly (7), dan hose assembly (8) dari steering tank.
image

9. Lepas dua bolt (9) dan washer.

10. Pasang link bracket (A) pada steering tank. Pasang flat webbing sling yang sesuai (lihat berapa kapasitas maksimal bebannnya) pada link bracket dan alat angkat. Misalnya menggunakan overhead crane atau alat angkat lainnya.
image

11. Lepas enam bolt (10) dan washer. Lepas steering tank

Setelah mengetahui cara melepas tangki hidrolik pada unit kemudi mesin 777D off Highway Truck, ternyata cukup mudah bukan? Lakukan dengan hati-hati serta jangan lupa gunakan buku panduan mesin serta lakukan perawatan dump truck secara rutin.

Semoga bermanfaat..

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *