biaya perawatan truk
biaya perawatan truk

Berapa Biaya Perawatan Truk? Ini Rincian Selengkapnya

Berapa biaya perawatan truk ? Memang jenis kendaraan apapun termasuk truk sudah pasti membutuhkan perawatan secara berkala yang bertujuan untuk menjaga performa mesin agar tetap performa tanpa khawatir timbul kerusakan lebih cepat.

Khususnya pada truk dengan pemakaian lebih intens atau sering, terkadang seringkali tumbul permasalahan ketika sedang melakukan perjalanan, seperti ban meledak, rem blong, gas tidak bertenaga, dan masih banyak lainnya. Siapa sangkat dari beberapa permasalahan yang dialami memang rentan membahayakan bagi pengguna jalan sekitar.

Untuk melihat panduan perawatan dump truck, silahkan cek ulasannya disini.

Biaya Perawatan Truk

Ketika melakukan perawatan, sudah pasti tidak terlepas dari pergantian sparepart yang sudah rusak atau pergantian ornamen lainnya misalnya oli. Nah berikut beberapa perawatan yang telah dirangkum dengan mengacu tarif harga normal, seperti;

  • Pergantian oli mesin di bengkel resmi biasanya dapat memakan biaya rata-rata sebesar Rp 600 ribu dengan spesifikasi SAE  15W-40.
  • Kuras tangki dikenakan biaya harga normal Rp300 ribuan
  • Servis kelipatan kilometer
  • Pergantian beberapa sparepart

Jika ditotal, truk besar dapat menghabiskan biaya hampir Rp 1 jutaan. Dalam skala satu tahu, mungkin saja dapat mamakan hingga Rp 10 jutaan.

Lain hal nya dengan truk standar hanya berkisar Rp 600 ribuan dan Rp 8 jutaan jika perhitungan skala satu tahun.

Untuk pergantian ban tersendiri dapat menggunakan metode CPK , yaitu harga ban dibagi dengan berapa jauh ban tersebut digunakan. Hasilnya akan keluar biaya per kilometer untuk satu ban, tinggal di kali dengan jumlah ban yang ada di truk atau bus.

Contohnya, satu ban baru seharga Rp 3.500.000 mampu digunakan untuk 100.000 kilometer. Berarti CPK yang didapat yakni Rp 35 per kilometer. Jika ada sepuluh ban, totalnya menjadi Rp 350 per kilometer.

Tips Pilih Bengkel Resmi

Bingung pilih bengkel resmi atau biasa?

Pada dasarnya, setiap bengkel sudah pasti memiliki standar kualitas yang disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun kadangkala ada saja kasus bengkel abal-abal yang berimbas mesin menjadi lebih cepat rusak. Parahnya, hal ini tidak didukung dengan jaminan garansi servis. Maka dari itu banyak pengguna yang lebih memilih bengkel resmi.

Berikut cukup perhatikan dua tips mudah dalam memilih bengkel resmi truk, diantaranya;

1. Jaminan garansi servis

Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi, ada baiknya Anda mempertimbangkan tempat servis truk yang memiliki jaminan garansi servis.

Sebab terkadang ada saja kasus mekanik yang kurang teliti dalam memperbaiki unit kendaraan meskipun baut kendor, nah imbasnya beberapa komponen menjadi terganggu kinerjanya.

2. Sparepart original atau resmi

Tips selanjutnya yakni pilih tempat servis truk yang menghadirkan sparepart yang terjamin resmi. Pasalnya, sparepart original bawaan pabrik memang didesain khusus untuk unit kendaraan.

Dibandingkan sibuk memilih sparepart murah yang belum terjamin kualitasnya, lebih baik pilih yang resmi. Jangan gadaikan harga murah namun berdampak mesin cepat rusak.

Nah demikian ulasan sederhana terkait paparan biaya perawatan truk serta tips mudah dalam memilih bengkel truk resmi. Semoga dapat membantu Anda.

Jangan Lupa Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *