biaya perawatan dump truck
biaya perawatan dump truck

Berapa Biaya Perawatan Dump Truck Selama Setahun?

Mobil dump truck juga perlu perawatan agar performanya tetap prima. Namun, berapa biaya perawatan dump truck berkala hingga satu tahun?

Dump truck merupakan salah satu kendaraan komersil yang paling banyak digunakan diberbagai sektor termasuk perusahaan logistik. Agar performa tetap prima, maka pengguna harus melakukan perawatan secara berkala demi kelancaran bisnis operasional perusahaan.

Mengingat kebutuhan yang terus meningkat, maka tidak sedikit pemilik bisnis yang memutuskan untuk membeli kendaraan komersial, alih-alih menyewa atau mempercayakan pengiriman barang pada pihak ketiga. Kendaraan dump truk memiliki beban lebih dibandingkan kendaraan penumpang. Tak hanya itu, biasanya jarak tempuh kendaraan komersial juga lebih panjang sehingga dibutuhkan perawatan ekstra.

Lalu, bagaimana untuk perawatan serta biayaanya?.

Perawatan & Biaya Perawatan Dump Truck

Berikut ini beberapa tips perawatan dump truck untuk menjaga kondisi tetap prima

1. Periksa ketersediaan bahan bakar.

2. Panaskan mesin terlebih dahulu, cukup lima menit.

3. Pakai oli mesin yang direkomendasikan pabrikan serta periksa ketinggian oli lebih sering untuk truk yang beredar di area tambang.

4. Ganti oli secara berkala.

5. Ganti filter solar secara rutin.

Untuk biaya perawatan dump truck selama satu tahun, umumnya dapat bervariasi, kira-kira Rp10 jutaan. Untuk truk kecil jumlahnya lebih sedikit, yakni Rp8 juta. Biaya cukup relatif, tergantung pada volume oli lebih banyak dan suku cadang lebih besar.

Sebaiknya, servis dilakukan setiap 10 ribu kilometer untuk menjaga kondisi mesin tetap optimal mengingat dump truck memiliki medan perjalanan yang jauh.

Butuh service dump truck ? Klik disini.

Perawatan Dump Truck yang Perlu Diperhatikan

Seyogyanya, perawatan memang memegang peranan penting dalam bisnis angkutan muatan kecil hingga besar hingga paling berisiko adalah kelebihan beban (overload). Hal ini akan mengurangi kontrol kendaraan dan potensi kecelakaan meningkat.

Oleh sebab itu, perhatikan beberapa hal-hal berikut ini :

1. Pengemudi harus memperhatikan bahwa kendaraan bermuatan dan tidak bermuatan memiliki kontrol yang berbeda. Jarak antar kendaraan, percepatan, dan respons kemudi harus pada kondisi puncak.

2. Dump truck sangat beresiko saat bak dinaikkan. Ada risiko truk terbalik saat berjalan di permukaan jalan yang tidak rata.

3. Saat bak dump dinaikkan, pastikan tidak ada orang di sekitar bak dump. Pasalnya, area ini sangat berbahaya.

4. Ketika meninggalkan area loading pastikan untuk membersihkan kotoran atau kerikil di bagian dalam dan sisi. Jika tidak, dampaknya akan sangat membahayakan bagi pengendara lainnya yang berada di belakang dump truck.

5. Agar lebih aman, pastikan untuk menutupi muatan. Hal ini untuk mencegah terpaan angin yang keras saat di jalan.

Demikian ulasan seputar biaya perawatan dump truck serta beberapa tips lainnya, semoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *